Cara Setting Lensa Manual (Non-CPU) pada Kamera DSLR Nikon

Pengguna kamera nikon mungkin sudah langsung terbisa dengan kombinasi lensa auto (ber CPU) dengan kamera. Umumnya, pengguna membeli lensa DSLR Nikon lengkap dengan lensa yang biasa disebut dengan lensa kit. Pada kombinasi lensa auto dan DSLR, komunikasi antara lensa dan kamera nyaris tidak ada hambatan mengingat lensa dan kamera sudah terhubung secara dijital dengan perangkat eletrik yang terpasang pada keduanya. Hal ini membuat kemara secara otomatis langsung mengetahui besaran aperture dan focal lenght yang lensa saat dogunakan. Namun, tingginya harga lensa-lensa bawaan nikon memberikan opsi pengguna kamera Nikon pada lensa-lensa legendaris bermounting F yang telah ada sejak puluhan tahun lalu.

Lensa manual memiliki optik yang sangat bagus dan mekanisme kontrol yang sangat baik, tapi belum memiliki otak. Lensa ini kemudian disebut dengan lensa non-CPU. Bagaimana lensa non CPU berkomunikasi dengan kamera? Pada generasi pertama nikon, komunikasi antara lensa dan kamera dilakukan menggunakan si kuping kelinci. Pada versi pertama (non-AI), kamera, seperti Nikomat memiliki jarum yang dijepit pada kuping kelinci. Jarum inilah yang memberitahukan kamera nilai aperture lensa pada saat ring diputar atau lensa digunakan.

lensa ai, lensa pre ai

Perbedaan AI dan Non AI salah satunya ditandai dengan dua lapis ring pada lensa AI/AIS

Pada versi AI/AI-s, gelang aperture disematkan pada buntut lensa. Ring tersebut juga menempel pada beberapa jenis kamera film maupun DSLR terkini. Gelang aperture yang ada pada lensa maupun kamera inilah yang membantu keduanya berkomunikasi. Lensa memberikan informasi kepada kamera mengenai aperture yang sedang digunakan. Bagaimana pun, proses manual inilah yang berlaku untuk komunikasi antara dua alat tersebut.

Pada kamera Nikon DSLR, lensa auto focus (AF) akan langsung dideteksi oleh kamera. Kamera secara otomatis akan mengetahui focal length (FL) dan aperture. Sementara, kamera DSLR modern tidak bisa secara otomatis mendapatkan informasi lensa pada lensa-lensa non CPU. Hal ini mengharuskan pengguna menetel kembali lensa pada kamera agar kamera mengetahui FL pada masing-masing lensa yang dicolokkan.

[Untuk mengetahui detail perkembangan lensa Nikon, baca: Perkembangan Lensa Nikon dari Waktu ke Waktu]

Cara Menyetel Lensa Manual Nikon pada DSLR

Setelan lensa manual dapat ditemukan di menu “Non-CPU lens data”. Temukan pada menu di DSLR Nikon Anda. Pada setelan ini, Anda memiliki dapat menyimpan 9 jenis lensa manual sehingga memudahkan saat pergantian lensa. Pastikan anda sudah memasukkan data-data lensa yang anda miliki dan sering digunakan. Saat mengganti lensa, pastikan anda memnbuka menu ini dan menyesuaikan.

lensa manual, lensa manual nikon, setting lensa manual

Menu setting lensa manual pada kamera Nikon

Dua hal perlu disesuaikan, atau terdapat dua data yang perlu diinput ke dalam kamera, yaitu focal length dan bukaan (aperture). Nilai focal length yang harus dimasukkan adalah nilai maksimal. Sebagai contoh, jika anda menggunakan lensa manual AI-s 100-300mm maka nilai yang anda masukkan adalah 300. Sementara, pada lensa yang memiliki 1 nilai focal length anda cukup memasukkannya langsung, seperti pada lensa 50mm, 28mm dan 35mm.

lensa manual, lensa manual nikon, setting lensa manual nikon

Menu setting lensa manual pada kamera Nikon

Nilai aperture yang dimasukkan adalah nilai aperture maksimal pada lensa. Jika sebuah lensa memiliki 1 nilai aperture maka anda cukup memasukkan nilai aperture tersebut. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan lensa 28mm f2.8 maka anda memasukkan nilai f2.8. Sementara, jika Anda menggunakan lensa dengan rentang aperture, maka masukkanlah nilai tertinggi. Sebagai contoh, Anda menggunakan lensa 35-70mm dengan f 3.5 -4.5, maka nilai yang anda masukkan adalah nilai bukaan terbesar: 3.5 (bukan 4.5). Semakin kecil angka bukaan maka semakin besar nilai bukaan yang dimiliki.

[Baca juga: memahami konsep bukaan atau aperture Lensa]

Jika setelan sudah selesai, cukup klik Ok. Jangan lupa mengganti setelan lensa setiap anda mengganti lensa untuk memotret.

1 Comment

  1. Pingback: Review Lensa Manual: Nikon 100-300mm F 5.5 AI-S » Toko Peralatan Fotografi dan Lensa Manual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gallery Instagram Kami

Hubungi Kami